Friday, November 2, 2012

Juventus 115 Tahun Menuju Rekor 50

   No comments     
categories: ,


"Si Nyonya Tua" baru saja genap berusia 115 tahun. Di momen ultahnya itu Juventus mengincar sebuah rekor angka 50 dalam agenda pertandingannya melawan musuh besarnya, Inter.

Didirikan pada 1 November 1897, Juve menjadi klub sepakbola profesional pertama di Italia sejak dikendalikan oleh keluarga Agnelli mulai 1923, yang menjadikan sporting partnership mereka menjadi yang terlama di Negeri Pizza.

Dalam perjalanannya, klub berkostum zebra alias hitam-putih itu ditahbiskan sebagai klub Italia terbesar dan merupakan salah satu klub sepakbola dengan sebaran fans terbanyak di dunia.

Koleksi 28 gelar juara Liga Italia -- di luar dua yang telah dicopot karena skandal Calciopoli --, adalah bukti paling nyata kenapa Juve sebesar itu dan sangat disegani pula di Eropa.

Kasus Calciopoli memang telah meremukkan mereka, menendang mereka ke Seri B -- sekaligus menimbulkan secara umum stigma "mafia" di dunia sepakbola Italia.

Mereka cukup lama sulit bangkit. Di musim 2009/2010 dan semusim berikutnya, Bianconeri bahkan hanya finis di peringkat ketujuh di Seri A.

Proses bangkit itu akhirnya tercapai ketika di musim lalu, ditangani Antonio Conte, Juve berhasil tampil sebagai juara, yang pertama kalinya sejak musim 1997/1998 -- setelah titel 2005 dan 2006 dianulir.

Pencapaian itu bahkan dibarengi sebagai rekor yang langka: juara tanpa menelan kekalahan. Dan rupanya rekor itu berlanjut. Sampai saat ini, sampai pekan ke-10 musim ini, belum ada lagi yang bisa mengalahkan Gianluigi Buffon dkk. dalam 49 pertandingan terakhirnya.

Apabila rekor itu bisa dilanjutkan pada pertandingan mereka besok (3/11) malam, maka Juve terus mendekati rekor yang dipegang AC Milan, yang ketika dipegang Fabio Capello pernah tak terkalahkan dalam 58 laga berturut-turut di liga.

Rekor 50 partai tak terkalahkan itu bisa dibuat Juve di kandangnya sendiri, melawan Internazionale, yang notabene adalah rival terbesarnya, sampai-sampai duel mereka disebut sebagai derby-nya Italia alias Derby d-Italia -- istilah yang pertama kali tercetuskan di tahun 1967.

Mampukah Inter, yang bersama AC Milan menjadi pengoleksi titel scudetto terbanyak kedua dengan 18 buah, menghentikan rekor dan sedikit merusak pesta perayaan 115 tahun La Vecchia Signora? Ataukah mereka memberi jalan pada rival besarnya itu untuk memperpanjang rekor tersebut?

Kita tunggu saja.

Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/11/02/151425/2079936/71/juventus-115-tahun-menuju-rekor-50

Jangan Lupa Tingglakan Komentar ya..

0 comments:

Post a Comment