Friday, October 5, 2012

Persebaya dan PSM Siap Arungi Kompetisi Musim 2013


Persebaya dan PSM Makassar, dua tim yang sama-sama punya sejarah panjang di persepakbolaan Indonesia, siap berkiprah di kompetisi resmi PSSI musim depan di bawah pengelolaan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang diputar mulai Januari 2013.
Kompetisi mendatang bakal lebih berat karena melibatkan 16 klub, atau bertambah empat klub dari musim sebelumnya. Ke-16 peserta itu terdiri dari 10 klub yang bertahan di kasta tertinggi, 3 klub juara Divisi Utama di grup masing-masing, ditambah 3 klub lagi yang lolos dari babak play off.
Sepuluh klub yang bertahan di kasta tertinggi adalah Semen Padang, Persebaya, Arema, Persiba Bantul, PSM, Persibo, Persiraja, Persema, Persija, serta Persijap. Mereka bakal bersaing dengan tiga klub pendatang baru dari Divisi Utama yakni Pro Duta, Perseman, dan Persepar. Sementara babak play off bakal diikuti Bontang FC, PSIR Rembang, Persbul Buol, dan PSLS Lhokseumawe.
"Musim depan bakal lebih berat, karena itu kami tidak mau main-main dalam menyiapkan tim. Besok Persebaya mulai melakukan seleksi terbuka terhadap pemain baru, kami tidak ingin membeli kucing dalam karung," kata CEO Persebaya Gede Widiade, Jumat (28/9). Agar seleksi berjalan maksimal, manajemen klub berjuluk Bajul Ijo itu mendatangkan pelatih kaliber nasional, Danurwindo.
Danur-panggilan akrab eks pelatih Timnas Indonesia itu-akan bekerjasama dengan pelatih Persebaya Ibnu Grahan untuk memilih pemain-pemain terbaik. Targetnya, ungkap Gede, ada 20 pemain lokal plus lima asing yang terjaring dalam seleksi 29-30 September ini. "Untuk pemain musim lalu ada sekitar 50 sampai 60 persen yang kita pertahankan. Baik lokal maupun asing," sambung Gede.
Pemain lokal yang positif dipertahankan antara lain Erol Iba, Taufiq, Andik Vermansah dan kiper Endra Prasetya. Kendati begitu mereka tetap harus mengikuti jalannya seleksi. "Wajib itu, kita kan juga ingin tahu kondisi terakhir mereka. Persebaya ini mau membentuk tim yang lebih kuat di musim depan, otomatis semua pemain harus hadir," tutur pengusaha awal Wonokromo, Surabaya, yang eksis di Jakarta ini.
Perombakan juga terjadi di jajaran legiun asing. Musim kemarin Persebaya mengontrak Otavio Dutra, Mario Karlovic, Walter Brizuela dan Fernando Gaston Soler. Gede mengatakan Persebaya nanti diperkuat lima pemain asing, meski sesuai aturan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) hanya tiga pemain yang boleh turun ke lapangan. "Dutra siap balik ke Persebaya kalau saya yang pegang," katanya lagi.
Beberapa pemain asing yang meramaikan seleksi antara lain Marcio Souza (Persib), Danilo Fernando (Persija), Eric Bayemi Maemble (Persija), Alain N'kong (Arema), juga Mijo Dadic (Deltras). Fernando Soler dan Mario Karlovic rencananya baru tiba di Surabaya, Sabtu (29/9) besok.
Gede menegaskan, Persebaya harus menjadi tim yang benar-benar kuat karena tahun 2014 nanti dua kompetisi yang ada di Indonesia bakal disatukan. Itu sesuai dengan keputusan hasil rapat Joint Committee (JC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (20/9) lalu. Sebelum penyatuan terjadi, JC juga meminta musim depan kedua kompetisi yang ada saat ini berganti nama. "Saya dengar kompetisi era baru nanti ada 20 tim, dari dua liga masing-masing diambil 10 klub. Persaingannya jelas lebih berat," tutup Gede.

PSM Awali Latihan Oktober
Kepastian waktu dan jumlah klub peserta kompetisi resmi PSSI musim 2013  juga melegakan pelatih PSM Makassar Petar Segrt. Kata pelatih asal Kroasia itu, sekarang pihaknya bisa menyusun program kerja yang jelas dan terencana. "Sekarang pemain harus siap kapan saja bila latihan dimulai. Selama liburan saya telah memberi mereka program di rumah. Pada hari-hari pertama latihan akan kita lihat seberapa baik mereka melakukan latihan selama liburan," kata Petar.
Eks pelatih Timnas Georgia itu berharap persiapan timnya bisa dimulai awal Oktober mendatang. Karena itu dia berharap CEO PSM Rully Habibie dan Ketua Umum Sadikin Aksa segera ancang-ancang mengontrak pemain baru dan menyiapkan beberapa keperluan latihan. "Semoga Pak Rully dan Pak Sadikin cepat menemukan solusi positif untuk kontrak pemain dan beberapa hal lain untuk persiapan latihan," tambahnya.
Lalu, di bulan November, pihaknya berniat menguji kemampuan bakat-bakat muda di Makassar yang mungkin bisa direkrut. Untuk keperluan ini, beberapa waktu lalu Petar telah memantau jalannya pertandingan Liga Jusuf Kalla (JK) 2012 di Lapangan Karebosi, Makassar, yang mempertemukan tim-tim U-21.
PSM menempati peringkat lima klasemen akhir IPL 2011/2012 dengan total poin 34. Dari 22 laga yang dijalani, Andi Oddang dan kawan-kawan mengemas sembilan kali kemenangan, tujuh kali seri dan enam kali kalah. Sejumlah pemain menyatakan kesiapannya untuk kembali mengenakan kostum PSM di musim depan, antara lain Hendra Wijaya, Rasyid Bakri, M Rahmat, serta striker asing Ilija Spasojevic. (*)

Sumber : http://premierleague.co.id/detil-berita/berita_klub/persebaya_dan_psm_siap_arungi_kompetisi_musim_2013
Judul : Persebaya dan PSM Siap Arungi Kompetisi Musim 2013
Rating : 10 out of 10 based on 100 ratings. 987658 reviews.
Ditulis Oleh Ferdaus
Perhatian :Dapat dari Google tentang artikel Persebaya dan PSM Siap Arungi Kompetisi Musim 2013
ini? silahkam klik g+, Klikan G+ anda sangat bermanfaat.
Judul: Persebaya dan PSM Siap Arungi Kompetisi Musim 2013; Ditulis oleh Ferdaus; Rating Blog: 5 dari 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pasang Iklan

 

PAGERANK

PageRank